Pramuka Belum Jangkau Semua Usia

Pramuka pada dasarnya adalah sebuah gerakan pendidikan. Sebagai gerakan pendidikan, pramuka seharusnya mampu menjangkau semua usia dan dapat bermanfaat hingga akhir hayat.

Demikian yang disampaikan Pelaksana Harian Deputi Bidang Pengembangan Kepemimpinan Pemuda Kemenpora RI, Drs. D. Sudradjat Rasid, dalam Seminar Nasional “Mendorong Gerakan Kepanduan Melalui Percepatan Revitalisasi Gerakan Pramuka” di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta.

“Saat ini Pramuka justru terkelompok-kelompok berdasarkan strata usia. Selain itu pramuka justru lebih populer di kelompok sekolah ekonomi lemah,” ujarnya, Kamis (3/6/2010), di Jakarta.

Hal tersebut menurutnya, merupakan kegagalan pramuka sebagai gerakan pendidikan yang seharusnya bersifat menyeluruh dan hingga akhir hayat. “Padahal pramuka itu untuk anak-anak, remaja, bahkan dewasa. Tidak terbatas umur,” ujarnya di hadapan para peserta seminar yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat dari seluruh Indonesia.

Sudradjat juga menyesalkan makna pramuka kini yang hanya identik dengan memakai seragam. Menurutnya, pramuka bisa menjadi suatu edukasi alternatif dalam mengembangkan jiwa kepemimpinan untuk pendidikan dan pengembangan karakter bangsa.

“Pramuka sudah kehilangan role modelnya. Anak muda kini lebih suka mencarirole model lain dan pramuka dimaknai hanya sebatas pemakaian seragam,” ungkap Sudradjat.

Dengan kondisi seperti ini, Sudradjat menilai perlunya ada revitalisasi segera. Revitalisasi kepramukaan ini perlu bersinergi dengan kebijakan pemerintah lain seperi revitalisasi karakter bangsa yang sudah dicanangkan lebih dulu.

sumber : kompas.com

Satu Tanggapan

  1. […] Pramuka Belum Jangkau Semua¬†Usia […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: